Wednesday, February 16, 2022

Begini, Cara Minum Obat yang Baik dan Benar

 

alat nebulizer omron

Pemberian obat untuk penyembuhan penyakit merupakan hal yang wajar dilakukan. Namun, tidak banyak yang paham bahwa konsumsi obat ini tidak semuanya sama. Bahkan kadang, penyakit yang sama memerlukan obat dan cara pemakaian obat yang berbeda. Misalnya saja, pada pendertita gangguan pernafasan, disarankan untuk mengonsumsi obat menggunakan alat nebulizer Omron, yang dapat membantu mempercepat obat dihirup ke dalam paru-paru. 


Selain cara penggunaannya, ada beberapa hal lain yang perlu diperhatikan untuk konsumsi obat secara baik dan benar. Apa saja itu?


1. Sesuai Dosis

Setiap obat yang diresepkan oleh dokter, pasti akan diberikan aturan dosis konsumsi. Namun beberapa orang memiliki persepsi yang salah tentang dosis obat. Yakni anggapan bahwa semakin banyak mengonsumsi obat tertentu, maka akan semakin cepat bagi penyakit untuk sembuh. Padahal dosis yang berlebihan justru akan menimbulkan efek samping yang bahkan bisa serius hingga kerusakan organ tubuh. Namun pengonsumsian dengan jumlah kurang dari aturan dosis, juga akan membuat kinerja obat terhambat. Konsumsi obat terbaik adalah sesuai takaran dari dokter.


2. Cara Konsumsi

Selain memberikan aturan dosis, dokter juga akan memberikan aturan cara pakai. Dimana seperti yang kita tau, terdapat berbagai jenis obat dengan bentuk kapsul, obat tetes, puyer, sirup, dan juga tablet, yang tentunya membutuhkan cara konsumsi yang berbeda. Pengonsumsian pada tablet atau kapsul, usahakan untuk tidak menghancurkan kulit obat namun telanlah secara utuh. Jika obat cair, gunakan sendok yang tersedia pada obat atau sendok teh yang sesuai takaran.


3. Sesuai Waktu

Obat tidak bisa dikonsumsi sembarang waktu, melainkan pada jam tertentu sesuai anjuran. Ada obat yang diminum sekali sehari, sekali setiap delapan jam, tiga kali sehari, dan lain sebagainya. Obat harus diminum pada dosis dan waktu yang sama. Semisal meminum obat pada waktu 2 siang, maka keesokannya juga harus dilakukan pada jam 2 siang. Lihat juga bagaimana aturan minum obat, apakah diminum sesudah atau sebelum kamu makan.


4. Perhatikan Makanan dan Minuman

Dalam pengonsumsian obat, tentunya memiliki aturan makanan dan minuman apa saja yang disarankan atau dihindari. Makanan akan berinteraksi dengan obat sehingga diperlukan makanan yang sesuai agar membantu efektivitas kinerja obat. 


5. Periksa Tanggal Kadaluwarsa

Sebelum mengonsumsi obat, pastikan jika obat aman dari tanggal kadaluwarsa. Meminum obat yang kadaluwarsa, akan membahayakan tubuh bahkan membawa kemungkinan keracunan ataupun kematian. Minum obat yang kadaluwarsa juga mungkin menyebabkan kerusakan fungsi tubuh yang menimbulkan kecacatan pada pengguna.


Cara minum obat yang benar diatas haruslah diperhatikan demi kinerja obat yang maksimal. Mengonsumsi obat secara baik dan benar tidak hanya dapat mempercepat penyembuhan, juga dapat menghindari Anda dari kemungkinan atau bahaya yang terjadi dari penyalahahgunaan obat, seperti overdosis yang tidak disengaja. Semoga artikel tadi dapat membantu, ya. 


EmoticonEmoticon