Wednesday, January 26, 2022

Jenis Cryptocurrency yang Wajib Anda Pahami Sebelum Berinvestasi

 

Aplikasi Crypto Terbaik

Mata uang kripto atau cryptocurrency merupakan jenis investasi yang populer karena banyak investor yang berhasil meraih return dalam jumlah besar. Apalagi saat ini untuk berinvestasi dalam bidang ini lebih mudah dengan adanya aplikasi cryptocurrency terbaik yang menawarkan berbagai macam jenis cryptocurrency untuk investasi Anda.


Nah, jika Anda mulai tertarik untuk memulai investasi ini, ada baiknya jika mengetahu ragam jenisnya terlebih dahulu sehingga bisa menganalisa mana yang sesuai untuk Anda:


1. Bitcoin

Bitcoin merupakan mata uang kripto yang paling tua dan populer di seluruh dunia. Saat ini, Bitcoin menjadi cryptocurrency dengan valuasi pasar terbesar. Bahkan, per bulan Desember 2021, nilai pasar Bitcoin sudah mencapai 913,1 miliar dolar US atau setara dengan Rp.13.101 triliun.


Untuk memulai berinvestasi ini, kamu dapat membeli harga Bitcoin mulai dari Rp.674.041 per tanggal 31 Desember 2021.


2. Ethereum

Selanjutnya ada Ethereum yang merupakan cryptocurrency populer yang menggunakan teknologi blockchain.


Ethereum dengan kode ETH pertama kali mulai diperdagangkan pada 7 Agustus 2015. Pada saat pertama rilis, harga Ethereum berada di kisaran harga 2,38 dollar US atau sekitar Rp.41.035 per kepingnya.


3. Dogecoin

Kamu pasti sering melihat meme yang menampilkan anjing Shiba Inu, bukan? Nah, mata uang kripto yang satu ini terbilang unik karena menggunakan meme Shiba Inu sebagai ikonnya.


Dogecoin pertama kali rilis di tahun 2015 oleh Billy Markus. Awal mula perilisan mata uang Dogecoin ini tidak seindah mata uang kripto Bitcoin dan Ethereum, banyak orang-orang yang tidak mempercayai Dogecoin sehingga tidak ada yang berminat untuk membelinya.


Hingga pada akhirnya, Markus memberikan Dogecoin ini secara gratis kepada para pengguna internet dan dalam beberapa tahun popularitas Dogecoin semakin meningkat. Apalagi, Dogecoin sudah mendapat dukungan dari Elon Musk sehingga membuat harga kripto ini mulai meroket.


4. Cardano

Jenis cryptocurrency selanjutnya adalah Cardano yang pertama kali diperkenalkan secara publik di tahun 2017 oleh Charles Horkinson, salah satu co-founder dari Ethereum.


Uniknya, tim pengembang Cardano membuat mata uang kripto ini dengan menggunakan pendekatan peer-review. Jadi, setiap ada perubahan dan fitur baru yang mereka kembangkan harus melalui proses review yang panjang oleh akademisi dan profesional sebelum diimplementasikan.


5. Litecoin

Jenis cryptocurrency terakhir adalah Litecoin dengan kode LTH. Litecoin pertama kali dibuat pada tahun 2011 oleh Charlie Lie yang merupakan seorang insyinsur di perusahaan terkemuka, Google.


Litecoin menggunakan teknologi yang sama dengan Bitcoin, namun Litecoin menghasilkan blok yang lebih cepat karena mereka menawarkan proses transaksi yang lebih cepat. Saat ini, per tanggal 31 Desember 2021 harga Litecoin dibanderol dengan harga Rp.2.114.765.


Untuk keamanan berinvestasi, kamu bisa memiliki berbagai macam jenis cryptocurrency di aplikasi kripto. Jadi ketika salah satunya sedang kurang bagus, kamu memiliki cadangan pada jenis lainnya.


EmoticonEmoticon