Friday, October 1, 2021

Proses Pengiriman Barang ke Luar Negeri, Apa Saja?

 

Kirim Barang Ke amerika

 

Bagi beberapa orang yang baru pertama kali melakukan pengiriman barang ke luar negeri pasti mendapatkan kesan yang repot dan ribet. Namun, apabila seluruh prosesnya dilakukan sesuai dengan ketentuan yang ada, maka tidak akan ada permasalahan yang akan terjadi. Selain mengetahui ongkir ke Amerika, anda juga perlu tahu apa saja prosesnya. Yuk simak ulasan berikut!


Proses Persiapan Barang

Sebelum melakukan pengiriman barang, penting sekali bagi anda untuk mengetahui regulasi dan peratura yang berlaku di negara tujuan. Hal ini juga menyangkut apakah barang yang anda kirimkan termasuk barang yang dilarang di negara tujuan atau tidak. Sebab, ada beberapa jenis barang yang dilarang untuk diekspor ke luar negeri, sehingga anda harus mematikannya.


Hal ini juga sangat penting untuk anda yang melakukan pengiriman karena bisnis yang anda jalankan. Anda harus mengecek apakah barang yang anda jual termasuk jenis barang yang boleh untuk diperjualbelikan di negara tujuan tersebut. Jika anda mengirimkan barang yang dilarang, maka anda akan mendapatkan masalah nantinya karena telah melanggar peraturan negara.


Menentukan Proses Pembayaran

Langkah berikutnya ini umumnya dilakukan oleh orang yang memiliki bisnis, sehingga harus menentukan proses pembayaran seperti apa yang perlu dilakukan oleh pembelinya. Pada langkah ini, anda juga harus mengetahui ongkir ke Amerika dan dokumen lainnya sebagai pendukung produk tersebut.


Anda juga perlu menuliskan dengan jelas berapa kuantitas produk dan spesifikasi dari produk yang akan anda kirimkan. Dengan begitu, barang yang anda kirim akan lebih mudah untuk dicek oleh petugas. Lampirkan pula dokumen kesepakatan dengan konsumen anda yang sudah disepakati sebelumnya.


Lapor ke Bea Cukai

Ketika anda akan mengirimkan barang ke luar negeri, selalu buat laporan kepada pihak bea cukai dengan menyertakan PEB (Pemberitahuan Ekspor Barang) atau dokumen penunjang lainnya. Setelah mendapatkan persetujuan dari pihak Bea Cukai, anda akan memperoleh NPE (Nota Persetujuan Ekspor).


Hal yang perlu anda ketahui adalah bahwa NPE ini akan menjamin jika barang yang akan anda kirimkan sudah legal. Barang tersebut juga termasuk ke dalam barang yang bisa diekspor, sehingga akan lebih memudahkan proses selanjutnya. Pengurusan ongkir ke Amerika juga akan lebih mudah karena anda sudah memegang dokumen resmi dari Bea Cukai.


Anda juga akan diminta untuk membayar pajak untuk barang yang anda kirimkan tersebut. Pembayaran pajak bisa dilakukan di Bea Cukai atau bank tertentu yang sudah menjalin kerja sama. Untuk itu, pastikan anda selalu melapor kepada Bea Cukai sebelum melakukan pengiriman barang ke luar negeri.


Proses Pengiriman Barang atau Stuffing

Apabila seluruh proses sebelumnya sudah selesai, kini saatnya untuk mengirimkan barang anda atau proses stuffing. Anda bisa memilih transportasi apa yang akan anda gunakan, bisa dengan jalur darat, air, maupun jalur udara. Pemilihan transportasi juga perlu anda pertimbangkan karena berpengaruh terhadap besaran ongkir ke Amerika.


Jika perlu, anda juga bisa mengasuransikan barang kiriman anda tersebut dengan tujuan supaya lebih aman selama perjalanan. Dengan demikian, apabila terjadi kerusakan barang selama proses pengiriman, maka akan ada ganti rugi berupa nominal yang setara dengan barang tersebut. Gunakan asuransi ketika anda memanfaatkan term CIF.


Proses pengiriman barang ke luar negeri memang membutuhkan proses yang sedikit lebih rumit karena banyak dokumen yang harus dipersiapkan. Jika anda membutuhkan jasa pengiriman barang ke Amerika, anda bisa menghubungi kilo.id dengan cara mengunjungi website resminya.


EmoticonEmoticon