Thursday, October 28, 2021

Bayar e-Filing SPT Tahunan

 

Efiling SPT Tahunan

Pajak adalah salah satu sumber pendapatan utama yang masuk dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Pajak merupakan tulang punggung pembangunan negara. Lebih dari 75% belanja negara dibiayai oleh sumber penerimaan pajak. Berbagai keunggulan diberikan dalam proses lapor pajak salah satunya adalah penggunaan sistem Electronic Filing atau eFiling SPT Tahunan.

Sistem pelaporan pajak online SPT (Surat Pemberitahuan Tahunan) ini dibuat sesuai dengan perkembangan teknologi informasi yang banyak digunakan di masyarakat. Dengan begitu, masyarakat tidak perlu mengantri untuk proses SPT. Wajib pajak cukup mendaftar satu kali ke Kantor Pelayanan Pajak untuk mendapatkan nomor identifikasi e-filing (EFIN). Setelah itu, Anda bisa melakukannya secara online.

Namun perlu diketahui bahwa Anda harus mengikuti ketentuan batas waktu pelaporan pajak yang telah ditentukan. Sistem pelaporan pajak e-Filing ini belum banyak dipahami oleh wajib pajak. Sebab, antrian di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) masih padat setiap tahun. Padahal, dengan menggunakan layanan e-Filing, semuanya bisa dilakukan di mana saja bahkan di rumah jadi tidak harus repot mengantri untuk penyetoran pajak. 

Tentang e-Filing

e-Filing adalah sistem pelaporan pajak online (SPT Tahunan). Sebelumnya Wajib Pajak melapor ke KPP setiap tahun dan mengisi formulir SPT Tahunan menggunakan sistem eFiling, Wajib Pajak dapat melakukannya melalui sistem online tanpa perlu kembali lagi ke KPP. Hanya saja Wajib Pajak perlu memiliki EFIN untuk melakukan e-Filing.

Electronic Filing Identification Number (EFIN Pajak) merupakan nomor identifikasi yang diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP) kepada Wajib Pajak untuk melakukan transaksi elektronik atau e-Filing perpajakan. EFIN digunakan sebagai alat otentikasi sehingga setiap transaksi elektronik atau e-Filing SPT dapat dienkripsi untuk menjamin keamanan dan kerahasiaan.

Mengapa Harus Aktivasi EFIN?

Dengan EFIN, Wajib Pajak dapat mengakses sistem perpajakan online dan menyatakan SPT tahunannya tanpa harus mengantri di KPP. EFIN menjamin kerahasiaan data yang dimasukkan setiap Wajib Pajak dalam sistem pajak online. Dengan pelaporan online, data sudah terdaftar di sistem perpajakan. Selanjutnya untuk laporan pajak tahun berikutnya tidak perlu mengulang pos-pos tersebut dari awal karena sudah terdata. 

Lapor SPT di e-Filing Klik Pajak

Salah satu platform yang bisa digunakan untuk melapor SPT e-filling yaitu di Klik Pajak. Pelaporan SPT melalui e-Filing Klik Pajak sangat cepat karena Anda akan diarahkan menggunakan langkah-langkah yang sangat sederhana dan mudah dipahami untuk pemula,

Melalui e-Filing Klik Pajak, Anda bisa melaporkan berbagai jenis SPT Tahunan secara berkala dengan langkah yang sangat mudah. Bahkan pelaporan SPT Anda melalui e-Filing Klik Pajak juga gratis selamanya. Setelah menyampaikan SPT, Anda akan menerima bukti laporan dalam format elektronik, yaitu Bukti Penerimaan Elektronik (BPE) resmi dari DJP.

BPE tersebut berisi informasi nama Wajib Pajak (WP), Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), tanggal pembuatan BPE, jam pembuatan BPE, dan Nomor Tanda Terima Elektronik (NTTE) sebagai bukti pelaporan SPT telah dilakukan. Seperti yang telah disebutkan, penyetoran pajak sangat penting untuk mendukung pertumbuhan negara yang membuat pemerintah terus mewajibkan masyarakat untuk membayar pajak tepat waktu. 

Dengan penyetoran e-Filing SPT tahunan melalui Klik Pajak, Anda tentunya akan mendapatkan berbagai kemudahan dan kenyamanan dalam pelaporan pajak kapan saja dan di mana saja tanpa harus repot ke kantor dan mengantri untuk melakukan pelaporan pajak. Klikpajak.id akan memandu Anda hinga laporan transaksi sukses dan mendapatkan bukti penyetoran.



EmoticonEmoticon